RPP PAK SD Kelas 6 Semester 1

Silahkan Download:
Format Word
Format Pdf


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                     :    Sekolah Dasar
Mata Pelajaran          :    Pendidikan Agama Kristen.
Kelas / Semester       :    VI (Enam) / Ganjil

Standar Kompetensi  :    Mendeskripsikan makna ibadah yang sesungguhnya khususnya dalam seluruh aktivitas hidup manusia.
Kompetensi Dasar    :    Siswa mampu memahami makna ibadah.
Indikator                   :    Menjelaskan makna ibadah.
Alokasi Waktu          :    3 jam

A.     TUJUAN PEMBELAJARAN
  1. Siswa dapat menjelaskan makna ibadah menurut kitab Perjanjian Lama.
  2. Siswa dapat menjelaskan makna ibadah menurut kitab Perjanjian Baru
  3. Siswa dapat menjelaskan prinsip-prinsip persamaannya.
  4. Siswa dapat mempertanyakan perbedaan makna menurut kitab Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru.
  5. Siswa dapat mendemonstrasikan kegiatan ibadah dalam kehidupan sehari-hari.

B.     MATERI PEMBELAJARAN
Konsep ibadah sebagai kegiatan ritual.

C.     METODE PEMBELAJARAN
Ceramah, Tanya-jawab, Diskusi.

D.     LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
  1. Pertemuan Pertama
a.       Pendahuluan
1)      Apersepsi: Menyegarkan ingatan tentang seluruh materi di kelas I, II, III, IV dan V.
2)      Motivasi: Beribadah dalam kehidupan sehari-hari.
b.      Kegiatan Inti
1)      Guru menjelaskan makna ibadah menurut konsep PL.
2)      Guru menjelaskan makna ibadah menurut konsep PB.
3)      Dengan bimbingan guru, siswa mencari prinsip-prinsip persamaan makna ibadah menurut konsep PL dan PB.
4)      Guru menjelaskan prinsip-prinsip persamaan makna ibadah menurut konsep PL dan PB.
5)      Guru dan siswa bertanya jawab apakah ada perbedaan perbedaan pengertian menurut kitab Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru.
c.       Penutup
1)      Guru merangkum materi pembelajaran.
2)      Guru memberikan tugas (PR).

E.     ALAT DAN SUMBER BELAJAR
  1. Alkitab.
  2. Buku PAK kelas 6, Mitra, Medan, 2006.
  3. Buku PAK kelas 6, BMI, Bandung, 2006.
  4. Buku PAK kelas 6, BPK Gunung Mulia, Jakarta, 2007.

F.      PENILAIAN
  1. Teknik Instrumen: Tes Tertulis
  2. Bentuk Instrumen: Jawaban Singkat.
  3. Contoh Instrumen:
a.       Hari apakah namanya bagi orang Kristen, hari ketujuh?
b.      Bagi orang Kristen hari ketujuh adalah?
c.       Apakah arti gereja?
d.      Siapakah yang dikatakan gereja?




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                     :    Sekolah Dasar
Mata Pelajaran          :    Pendidikan Agama Kristen.
Kelas / Semester       :    VI (Enam) / Ganjil

Standar Kompetensi  :    Mendeskripsikan makna ibadah yang sesungguhnya khususnya dalam seluruh aktivitas hidup manusia.
Kompetensi Dasar    :    Siswa mampu memahami makna ibadah.
Indikator                   :    Mengidentifikasi cara beribadah kepada Allah melalui kegiatannya sehari-hari.
Alokasi Waktu          :    9 jam

A.     TUJUAN PEMBELAJARAN
  1. Siswa dapat membuat daftar ibadah (kebaktian) yang ada dalam gerejanya masing-masing.
  2. Siswa dapat menyebutkan unsure-unsur yang ada dalam kegiatan ibadah yang ada dalam gerejanya masing-masing.
  3. Siswa dapat mengidentifikasi bentuk-bentuk ibadah pada zaman Perjanjian Lama.
  4. Siswa dapat menjelaskan makna nyanyian sebagai cara beribadah kepada Allah.
  5. Siswa dapat mengimani makna nyanyian sebagai cara beribadah kepada Allah.
  6. Siswa dapat mendemonstrasikan ibadah nyanyian kepada Allah dalam kehidupannya sehari-hari.
  7. Siswa dapat menjelaskan makna doa sebagai cara beribadah kepada Allah.
  8. Siswa dapat mengimani makna doa sebagai cara beribadah kepada Allah.
  9. Siswa dapat mendemonstrasikan doa sebagai cara beribadah kepada Allah dalam kehidupan sehari-hari.
  10. Siswa dapat menjelaskan makna perbuatan yang menyenangkan hati Allah sebagai cara beribadah kepada Allah.
  11. Siswa dapat mengimani makna perbuatan yang menyenangkan hati Allah sebagai cara beribadah kepada Allah.
  12. Siswa dapat mendemonstrasikan perbuatan baik dan benar dalam kehidupan sehari-hari sebagai cara beribadah kepada Allah.
  13. Siswa dapat menjelaskan makna membaca Alkitab sebagai cara beribadah kepada Allah.
  14. Siswa dapat mengimani makna membaca Alkitab sebagai cara beribadah kepada Allah.
  15. Siswa dapat mendemonstrasikan membaca Alkitab dalam kehidupan sehari-hari sebagai cara beribadah kepada Allah.
  16. Siswa dapat menjelaskan makna ibadah Minggu sebagai cara beribadah kepada Allah.
  17. Siswa dapat menjelaskan arti Gereja.
  18. Siswa dapat mengimani makna ibadah Minggu sebagai cara beribadah kepada Allah.
  19. Siswa dapat mendemonstrasikan setiap Minggunya rajin ke gereja.

B.     MATERI PEMBELAJARAN
Bentuk-bentuk ibadah.

C.     METODE PEMBELAJARAN
Penelitian, Ceramah, Tanya-jawab, Diskusi.

D.     LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
  1. Pertemuan kedua
a.       Pendahuluan
1)      Apersepsi: Mengingat makna ibadah.
2)      Motivasi: Mengenal ibadah gerejanya.
b.      Kegiatan Inti
1)      Guru membagi siswa dalam beberapa kelompok.       
2)      Guru memberi tugas untuk menuliskan tata ibadah minggu di gerejanya masing-masing.
3)      Guru menjelaskan bentuk ibadah pada zaman Perjanjian Lama.
4)      Siswa mengurutkan unsur-unsur yang ada dalam ibadah zaman PL.
c.       Penutup
1)      Guru merangkum materi pembelajaran.
2)      Guru memberikan tugas (PR).
  1. Pertemuan ketiga
a.       Pendahuluan
1)      Apersepsi: Mengingat tugas yang diberikan oleh guru.
2)      Motivasi: Mengenal ibadah pada gerejanya.
b.      Kegiatan Inti
1)      Setiap kelompok melaporkan hasil pekerjaannya.
2)      Dengan bimbingan guru, siswa mengemukakan pendapatnya / tanggapan.
3)      Guru dan siswa mengurutkan unsur-unsur yang ada pada tata ibadah gereja.
4)      Siswa mengurutkan unsur-unsur ibadah pada zaman PL.
5)      Siswa mengurutkan unsur-unsur ibadah pada gerejanya.
6)      Siswa mengurutkan perbedaan di antara keduanya.
7)      Guru menjelaskan perbedaan.
c.       Penutup
Guru menyimpulkan materi pembelajaran.
  1. Pertemuan keempat
a.       Pendahuluan
1)      Apersepsi: Mengingat unsur-unsur ibadah pada gereja.
2)      Motivasi: hidup sehari-hari adalah ibadah.
b.      Kegiatan Inti
1)      Guru mengidentifikasi makna nyanyian sebagai cara beribadah kepada Allah.
2)      Guru mengidentifikasi makna doa sebagai cara beribadah kepada Allah.
3)      Guru mengidentifikasi makna perbuatan yang menyenangkan hati Allah sebagai caraberibadah pada Allah.
4)      Guru mengidentifikasi makna membaca Alkitab sebagai cara beribadah kepada Allah.
5)      Guru mengidentifikasi makna ibadah Minggu sebagai cara beribadah kepada Allah.
c.       Penutup
Guru menyimpulkan materi pembelajaran.

E.     ALAT DAN SUMBER BELAJAR
  1. Alkitab.
  2. Buku PAK kelas 6, Mitra, Medan, 2006.
  3. Buku PAK kelas 6, BMI, Bandung, 2005.
  4. Buku PAK, kelas 6, BPK Gunung Mulia, Jakarta, 2007.
  5. Daftar ibadah dari gereja masing-masing siswa.
  6. Almanak.
  7. Kidung Jemaat.

F.      PENILAIAN
  1. Teknik Instrumen: Penugasan, Tes Tertulis
  2. Bentuk Instrumen: Laporan dan Uraian
  3. Contoh Instrumen:
Tuliskanlah daftar bentuk kegiatan ibadah di gerejanmu masing-masing!
a.       Tuliskan unsur-unsur yang ada dalam kegiatan ibadah dari hasil laporanmu!
b.      Bagaimanakah bentuk-bentuk ibadah pada zaman Perjanjian Lama?




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                     :    Sekolah Dasar
Mata Pelajaran          :    Pendidikan Agama Kristen.
Kelas / Semester       :    VI (Enam) / Ganjil

Standar Kompetensi  :    Mendeskripsikan makna ibadah yang sesungguhnya khususnya dalam seluruh aktivitas hidup manusia.
Kompetensi Dasar    :    Siswa mampu memahami makna ibadah.
Indikator                   :    Mengenal bentuk peribadahan pada agama-agama lain.
Alokasi Waktu          :    3 jam

A.     TUJUAN PEMBELAJARAN
  1. Siswa dapat menjelaskan cara beribadah agama Islam.
  2. Siswa dapat mengoreksi persamaan cara beribadah agama Islam dengan iman Kristen.
  3. Siswa dapat memilah perbedaan cara beribadah agama Islam dengan agama Kristen.
  4. Siswa dapat menjelaskan cara beribadah agama Hindu.
  5. Siswa dapat mengoreksi persamaan cara beribadah agama Hindu dengan agama Kristen.
  6. Siswa dapat memilah perbedaan cara beribadah agama Hindu dengan agama Kristen.
  7. Siswa dapat menjelaskan cara beribadah agama Budha.
  8. Siswa dapat mengoreksi perbedaan cara beribadah agama Budha dengan agama Kristen.
  9. Siswa dapat memilah persamaan cara beribadah agama Budha dengan agama Kristen.
  10. Siswa dapat menjelaskan cara beribadah agama-agama suku.
  11. Siswa dapat mengoreksi persamaan cara beribadah agama-agama suku dengan agama Kristen.
  12. Siswa dapat memilah perbedaan cara beribadah agama-agama suku dengan agama Kristen.
  13. Siswa dapat menyebutkan bunyi Tri Kerukunan Umat Beragama.
  14. Siswa dapat menyetujui makna pentingnya keberadaan Tri Kerukunan Umat Beragama.
  15. Siswa dapat mendemonstrasikan Tri Kerukunan Umat Beragama dalam kehidupan sehari-hari.

B.     MATERI PEMBELAJARAN
Mengenal bentuk ibadah pada agama lain.

C.     METODE PEMBELAJARAN
Ceramah, Tanya-jawab, Diskusi.

D.     LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
  1. Pertemuan kelima
a.       Pendahuluan
1)      Apersepsi: Mengingat makna ibadah.
2)      Motivasi: Siswa hidup dalam pluralisme beragama.
b.      Kegiatan Inti
1)      Guru dan siswa sama-sama menyebutkan agama-agama yang di Indonesia.
2)      Guru mengidentifikasi cara beribadah dari setiap agama.
3)      Guru menjelaskan makna Tri Kerukunan Umat Beragama.
c.       Penutup
Guru menyimpulkan materi pembelajaran.

E.     ALAT DAN SUMBER BELAJAR
  1. Alkitab.
  2. Buku PAK kelas 6, Mitra, Medan, 2006.
  3. Buku PAK kelas 6, BMI, Bandung, 2006.
  4. Buku PAK kelas 6, BPK Gunung Mulia, Jakarta, 2007.

F.      PENILAIAN
  1. Teknik Instrumen: Tes Lisan
  2. Bentuk Instrumen: Pemaparan
  3. Contoh Instrumen:
Sebutkan bunyi Tri Kerukunan Umat Beragama!



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                     :    Sekolah Dasar
Mata Pelajaran          :    Pendidikan Agama Kristen.
Kelas / Semester       :    VI (Enam) / Ganjil

Standar Kompetensi  :    Mendeskripsikan makna ibadah yang sesungguhnya khususnya dalam seluruh aktivitas hidup manusia.
Kompetensi Dasar    :    Siswa mampu memahami makna ibadah.
Indikator                   :    Beribadah kepada Allah dengan membaca Alkitab.
Alokasi Waktu          :    9 jam

A.     TUJUAN PEMBELAJARAN
  1. Siswa dapat membedakan Alkitab dengan buku-buku lain.
  2. Siswa dapat menyebutkan jumlah buku dalam Alkitab.
  3. Siswa dapat menyebutkan nama-nama kitab yang ada dalam Alkitab.
  4. Siswa dapat menjelaskan secara singkat isi dari kitab Perjanjian Lama.
  5. Siswa dapat menjelaskan secara singkat isi dari kitab Perjanjian Baru.
  6. Siswa dapat menjelaskan isi singkat dalam Alkitab.
  7. Siswa dapat mengelompokkan pembagian-pembagian kitab dalam Alkitab.
  8. Siswa dapat mendemonstrasikan cara membaca Alkitab yang baik dan benar.
  9. Siswa dapat mengimani isi Alkitab adalah Firman Allah yang tertulis.
  10. Siswa dapat mengimani kerajinan membaca Alkitab sebagai bentuk ibadah kepada Allah.
  11. Siswa dapat mendemonstrasikan sifat rajin membaca Alkitab dalam kehidupan sehari-hari.

B.     MATERI PEMBELAJARAN
Pentingnya membaca Alkitab.

C.     METODE PEMBELAJARAN
Ceramah, Tanya-jawab, Diskusi, Demonstrasi.

D.     LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
  1. Pertemuan keenam
a.       Pendahuluan
1)      Apersepsi: Mengingat makna membaca Alkitab sebagai cara beribadah kepada Allah.
2)      Motivasi: Alkitab adalah Firman Allah yang tertulis.
b.      Kegiatan Inti
1)      Guru menjelaskan arti/makna Alkitab.
2)      Dengan bimbingan guru, siswa menuliskan beberapa perbedaan (kelebihan) Alkitab dengan buku-buku lain.
3)      Guru menjelaskan isi singkat dari Alkitab.
4)      Siswa menyebutkan jumlah kitab yang ada dalam Alkitab.
5)      Guru menyebutkan nama-nama kitab yang ada dalam Alkitab.
6)      Satu persatu siswa menyebutkan nama-nama kitab yang ada dalam Alkitab secara hafalan.
c.       Penutup
Guru menyimpulkan materi pembelajaran.
  1. Pertemuan ketujuh
a.       Pendahuluan
1)      Apersepsi: Mengingat isi singkat dari Alkitab.
2)      Motivasi: Alkitab adalah Firman Allah yang tertulis.
b.      Kegiatan Inti
1)      Guru membagi siswa dalam beberapa kelompok.
2)      Dengan bimbingan guru, siswa mencarri isi singkat dari kitab PL dan PB.
3)      Guru memeriksa hasil diskusi siswa dan menjelaskannya.
4)      Guru menjelaskan pembagian kitab yang ada dalam Alkitab.
5)      Siswa menuliskan penjelasan siswa.
c.       Penutup
Guru menyimpulkan materi pembelajaran.
  1. Pertemuan kedelapan
a.       Pendahuluan
1)      Apersepsi: Mengingat makna Alkitab.
2)      Motivasi: Alkitab adalah Firman Allah yang tertulis.
b.      Kegiatan Inti
1)      Siswa mencoba membaca Alkitab yang biasa dia lakukan.
2)      Guru mempraktekkan cara membaca Alkitab yang baik dan benar.
3)      Siswa mempraktekkan cara membaca Alkitab yang baik dan benar.
c.       Penutup
Guru menyimpulkan materi pembelajaran.

E.     ALAT DAN SUMBER BELAJAR
  1. Alkitab.
  2. Buku PAK kelas 6, Mitra, Medan, 2006.
  3. Buku PAK kelas 6, BMI, Bandung, 2006.
  4. Buku PAK kelas 6, BPK Gunung Mulia, Jakarta, 2007.

F.      PENILAIAN
  1. Teknik Instrumen: Tes Lisan dan Unjuk Kerja
  2. Bentuk Instrumen: Uraian, Pemaparan dan Demonstrasi
  3. Contoh Instrumen:
a.       Apakah perbedaan Alkitab dengan buku-buku lain?
b.      Sebutkanlah nama-nama kitab yang ada dalam Alkitab!
c.       Praktekkanlah cara membaca Alkitab yang baik dan benar!




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                     :    Sekolah Dasar
Mata Pelajaran          :    Pendidikan Agama Kristen.
Kelas / Semester       :    VI (Enam) / Ganjil

Standar Kompetensi  :    Mendeskripsikan makna ibadah yang sesungguhnya khususnya dalam seluruh aktivitas hidup manusia.
Kompetensi Dasar    :    Siswa mampu memahami makna ibadah.
Indikator                   :    Menjelaskan pentingnya membina relasi dengan Allah.
Alokasi Waktu          :    3 jam

A.     TUJUAN PEMBELAJARAN
  1. Siswa dapat mempertanyakan tujuan Allah menciptakan manusia.
  2. Siswa dapat menjelaskan tujuan Allah menciptakan manusia.
  3. Siswa dapat menyebutkan kekurangan-kekurangan yang ada pada dirinya.
  4. Siswa dapat menjelaskan tujuan bersahabat dengan Allah.
  5. Siswa dapat menjelaskan peranan Allah dalam kehidupan manusia.
  6. Siswa dapat memposisikan diri sebagai sahabat Allah.

B.     MATERI PEMBELAJARAN
Pentingnya membina relasi dengan Allah.

C.     METODE PEMBELAJARAN
Ceramah, Tanya-jawab, Diskusi.

D.     LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
  1. Pertemuan kesembilan
a.       Pendahuluan
1)      Apersepsi: Mengingat penciptaan manusia.
2)      Motivasi: Mengenal dirinya sendiri.
b.      Kegiatan Inti
1)      Guru menjelaskan tujuan Allah menciptakan manusia.
2)      Siswa menyebutkan kekurangan-kekurangan yang ada pada dirinya.
3)      Guru menjelaskan tujuan Allah bersahabat dengan manusia.
4)      Guru menjelaskan peranan Allah dalam kehidupan manusia.
c.       Penutup
Guru merangkum materi pembelajaran.

E.     ALAT DAN SUMBER BELAJAR
  1. Alkitab.
  2. Buku PAK kelas 6, Mitra, Medan, 2006.
  3. Buku PAK kelas 6, BMI, Bandung, 2006.
  4. Buku PAK kelas 6, BPK Gunung Mulia, Jakarta, 2007.

F.      PENILAIAN
  1. Teknik Instrumen: Tes Lisan
  2. Bentuk Instrumen: Uraian
  3. Contoh Instrumen:
a.       Kenapa Allah menciptakan manusia?
b.      Sebutkan kekurangan-kekurangan yang ada pada dirimu!




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                     :    Sekolah Dasar
Mata Pelajaran          :    Pendidikan Agama Kristen.
Kelas / Semester       :    VI (Enam) / Ganjil

Standar Kompetensi  :    Mendeskripsikan makna ibadah yang sesungguhnya khususnya dalam seluruh aktivitas hidup manusia.
Kompetensi Dasar    :    Siswa mampu memahami makna ibadah.
Indikator                   :    Membangun relasi dengan Allah dengan perbuatan-perbuatan yang sesuai dengan kehendak Allah.
Alokasi Waktu          :    3 jam

A.     TUJUAN PEMBELAJARAN
  1. Siswa dapat merancang beberapa cara membangun relasi dengan Allah.
  2. Siswa dapat menjelaskan cara membangun relasi dengan Allah.
  3. Siswa dapat mendaftarkan beberapa sikap yang sesuai dengan sebagai relasi dengan Allah.
  4. Siswa dapat memilih sikap yang benar sebagai sahabat Allah.
  5. Siswa dapat mendemonstrasikan cara membangun relasi dengan Allah dalam kehidupannya sehari-hari.

B.     MATERI PEMBELAJARAN
Cara membangun relasi dengan Allah.

C.     METODE PEMBELAJARAN
Ceramah, Tanya-jawab, Diskusi.

D.     LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
  1. Pertemuan kesepuluh
a.       Pendahuluan
1)      Apersepsi: Mengingat materi pentingnya membina relasi dengan Allah.
2)      Motivasi: Bersahabatlah dengan Allah.
b.      Kegiatan Inti
1)      Siswa mendiskusikan bagaimana caranya membangun relasi dengan Allah.
2)      Guru menjelaskan tentang makna kasih.
3)      Siswa mendaftarkan perbuatan-perbuatan yang mengandung kasih.
4)      Guru menyebutkan dan menjelaskan ke-10 hukum Taurut.
5)      Satu persatu siswa menyebutkan ke-10 hukum Taurat dengan hafalan.
c.       Penutup
Guru menyimpulkan materi pembelajaran.

E.     ALAT DAN SUMBER BELAJAR
  1. Alkitab.
  2. Buku PAK kelas 6, Mitra, Medan, 2006.
  3. Buku PAK kelas 6, BMI, Bandung, 2006.
  4. Buku PAK kelas 6, BPK Gunung Mulia, Jakarta, 2007.

F.      PENILAIAN
  1. Teknik Instrumen: Tes Tertulis.
  2. Bentuk Instrumen: Uraian
  3. Contoh Instrumen:
Tuliskanlah beberapa sikap yang sesuai dengan kehendak Allah!




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                     :    Sekolah Dasar
Mata Pelajaran          :    Pendidikan Agama Kristen.
Kelas / Semester       :    VI (Enam) / Ganjil

Standar Kompetensi  :    Mendeskripsikan makna ibadah yang sesungguhnya, khususnya dalam seluruh aktifitas hidup manusia.
Kompetensi Dasar    :    Siswa mampu memahami makna ibadah.
Indikator                   :    Menjelaskan makna ibadah dari kegiatan sehari-hari.
Alokasi Waktu          :    6 jam

A.     TUJUAN PEMBELAJARAN
  1. Siswa dapat menceritakan cara beribadah bangsa Israel dalam kehidupannya sehari-hari.
  2. Siswa dapat menjelaskan cara memberikan persembahan yang baik.
  3. Siswa dapat mengoreksi beberapa kegiatan sehari-hari yang bermakna sebagai ibadah kepada Allah.
  4. Siswa dapat berakhlak mulia dalam kehidupan sehari-hari sebagai ibadah kepada Allah.
  5. Siswa dapat membuat kegiatan sehari-hari sebagai ibadah kepada Allah.

B.     MATERI PEMBELAJARAN
Makna ibadah melalui kegiatan sehari-hari.

C.     METODE PEMBELAJARAN
Bercerita, Ceramah, Tanya-jawab, Diskusi.

D.     LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
  1. Pertemuan kesebelas
a.       Pendahuluan
1)      Apersepsi: Mengingat makna ibadah.
2)      Motivasi: Beribadah dalam kehidupan sehari-hari.
b.      Kegiatan Inti
1)      Guru menceritakan cara beribadah bangsa Israel dalam kehidupannya sehari-hari.
2)      Dengan bimbingan guru, siswa mengurutkan cara bangsa Israel beribadah dalam kehidupannya sehari-hari.
3)      Siswa mengemukakan pengalamannya dalam memberikan persembahannya di gereja.
4)      Guru menjelaskan cara memberikan persembahan yang baik.
c.       Penutup
Guru menyimpulkan materi pembelajaran.
  1. Pertemuan keduabelas
a.       Pendahuluan
1)      Apersepsi: Mengingat makna ibadah.
2)      Motivasi: Beribadah dalam kehidupan sehari-hari.
b.      Kegiatan Inti
1)      Guru membagi siswa dalam beberapa kelompok.
2)      Dengan bimbingan guru, siswa mendiskusikan beberapa kegiatan sehari-hari yang merupakan ibadah bagi Allah.
3)      Guru menjelaskan beberapa kegiatan sehari-hari yang merupakan ibadah bagi Allah.
c.       Penutup
Guru menyimpulkan materi pembelajaran.

E.     ALAT DAN SUMBER BELAJAR
  1. Alkitab.
  2. Buku PAK kelas 6, Mitra, Medan, 2006.
  3. Buku PAK kelas 6, BMI, Bandung, 2006.
  4. Buku PAK kelas 6, BPK Gunung Mulia, Jakarta, 2007.

F.      PENILAIAN
  1. Teknik Instrumen: Tes Tertulis.
  2. Bentuk Instrumen: Uraian.
  3. Contoh Instrumen:
Tuliskanlah cara memberikan persembahan yang baik!




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                     :    Sekolah Dasar
Mata Pelajaran          :    Pendidikan Agama Kristen.
Kelas / Semester       :    VI (Enam) / Ganjil

Standar Kompetensi  :    Mendeskripsikan makna ibadah yang sesungguhnya, khususnya dalam seluruh aktifitas hidup manusia.
Kompetensi Dasar    :    Siswa mampu memahami makna ibadah.
Indikator                   :    Menyebutkan contoh-contoh ibadah melalui kegiatan sehari-hari dengan cara menjadi Pelaku Firman.
Alokasi Waktu          :    4 jam

A.     TUJUAN PEMBELAJARAN
  1. Siswa dapat menyebutkan contoh-contoh ibadah melalui kegiatan sehari-hari.
  2. Siswa dapat menjelaskan makna ibadah melalui contoh-contoh ibadah.
  3. Siswa dapat menjelaskan makna Pelaku Firman.
  4. Siswa dapat merancang cara-cara menjadi Pelaku Firman.
  5. Siswa dapat memilih sikap-sikap yang baik sebagai Pelaku Firman.
  6. Siswa dapat mendemonstrasikan sikap sebagai Pelaku Firman.

B.     MATERI PEMBELAJARAN
Contoh-contoh ibadah melalui kegiatan sehari-hari.

C.     METODE PEMBELAJARAN
Ceramah, Tanya-jawab, Diskusi.

D.     LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
  1. Pertemuan ketigabelas
a.       Pendahuluan
1)      Apersepsi: Mengingat makna ibadah.
2)      Motivasi: Beribadah dalam kehidupan sehari-hari.
b.      Kegiatan Inti
Siswa mendaftarkan contoh-contoh ibadah dalam kegiatan sehari-hari.
c.       Penutup
1)      Guru merangkum materi pembelajaran.
2)      Guru memberikan tugas (PR).
  1. Pertemuan keempatbelas
a.       Pendahuluan
1)      Apersepsi: Mengingat makna ibadah.
2)      Motivasi: Beribadah dalam kehidupan sehari-hari.
b.      Kegiatan Inti
1)      Guru menjelaskan makna ibadah melalui contoh-contoh ibadah.
2)      Guru menjelaskan makna Pelaku Firman
3)      Dengan bimbingan guru, siswa mendaftarkan cara-cara menjadi Pelaku Firman.
4)      Guru menjelaskan cara yang baik menjadi Pelaku Firman.
c.       Penutup
Guru menyimpulkan materi pembelajaran.


E.     ALAT DAN SUMBER BELAJAR
  1. Alkitab.
  2. Buku PAK kelas 6, Mitra, Medan, 2006.
  3. Buku PAK kelas 6, BMI, Bandung, 2006.
  4. Buku PAK kelas 6, BPK Gunung Mulia, Jakarta, 2007.

F.      PENILAIAN
  1. Teknik Instrumen: Tes Tertulis
  2. Bentuk Instrumen: Uraian
  3. Contoh Instrumen:
Sebutkanlah contoh-contoh ibadah melalui kegiatan sehari-hari!



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                     :    Sekolah Dasar
Mata Pelajaran          :    Pendidikan Agama Kristen.
Kelas / Semester       :    VI (Enam) / Ganjil

Standar Kompetensi  :    Mendeskripsikan makna ibadah yang sesungguhnya, khususnya dalam seluruh aktifitas hidup manusia.
Kompetensi Dasar    :    Siswa mampu memahami makna kegiatan sehari-hari sebagai ibadah pada Allah.
Indikator                   :    Menjalankan tugas dan kegiatan sehari-hari dengan bertanggung jawab sebagai ibadah.
Alokasi Waktu          :    10 jam

A.     TUJUAN PEMBELAJARAN
  1. Siswa dapat mendaftarkan beberapa tugasnya di rumah.
  2. Siswa dapat mendaftarkan kegiatan-kegiatan yang dilakukan di luar sekolah.
  3. Siswa dapat menjelaskan tanggung jawabnya sebagai seorang anak di rumah.
  4. Siswa dapat menjelaskan tanggung jawabnya sebagai seorang siswa di sekolah.
  5. Siswa dapat membangun kegiatan sehari-hari sebagai cara beribadah kepada Allah.
  6. Siswa dapat meyakini kegiatan sehari-hari sebagai cara beribadah kepada Allah.
  7. Siswa dapat mendemonstrasikan kegiatan sehari-hari sebagai cara beribadah kepada Allah.

B.     MATERI PEMBELAJARAN
Tugas dan kegiatan sehari-hari sebagai ibadah.

C.     METODE PEMBELAJARAN
Ceramah, Tanya-jawab, Diskusi.

D.     LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
  1. Pertemuan kelimabelas
a.       Pendahuluan
1)      Apersepsi: Mengingat makna ibadah.
2)      Motivasi: Beribadah dalam kehidupan sehari-hari.
b.      Kegiatan Inti
1)      Siswa mendaftarkan beberapa tugasnya di rumah yang diberikan oleh orang tuanya.
2)      Guru menjelaskan makna ibadah melalui pelaksanaan tugasnya di rumah.
3)      Siswa mendaftarkan kegiatan yang sering dia lakukan di luar sekolah dan rumah.
4)      Guru menjelaskan makna ibadah melalui kegiatan yang sering dia lakukan di luar sekolah dan rumah.
c.       Penutup
Guru menyimpulkan materi pembelajaran.
  1. Pertemuan keenambelas
a.       Pendahuluan
1)      Apersepsi: Mengingat makna ibadah.
2)      Motivasi: Beribadah dalam kehidupan sehari-hari.
b.      Kegiatan Inti
1)      Dengan bimbingan guru, siswa menyebutkan tanggung jawabnya sebagai seorang anak di rumah.
2)      Guru menjelaskan makna ibadah melalui tanggung jawabnya sebagai seorang anak di rumah.
c.       Penutup
Guru menyimpulkan materi pembelajaran.
  1. Pertemuan ketujuhbelas
a.       Pendahuluan
1)      Apersepsi: Mengingat makna ibadah.
2)      Motivasi: Beribadah dalam kehidupan sehari-hari.
b.      Kegiatan Inti
1)      Dengan bimbingan guru, siswa menyebutkan tanggung jawabnya sebagai seorang pelajar di sekolah.
2)      Guru menjelaskan makna ibadah melalui tanggung jawabnya sebagai seorang pelajar di sekolah.
c.       Penutup
Guru menyimpulkan materi pembelajaran.
  1. Pertemuan kedelapanbelas
a.       Pendahuluan
1)      Apersepsi: Mengingat makna ibadah.
2)      Motivasi: Beribadah dalam kehidupan sehari-hari.
b.      Kegiatan Inti
1)      Guru menyuruh siswa untuk menuliskan rangkuman materi Tugas dan kegiatan sehari-hari sebagai ibadah.
2)      Guru memeriksa hasil rangkuman siswa dan menjelaskan kembali.
c.       Penutup
Guru menyimpulkan materi pembelajaran.

E.     ALAT DAN SUMBER BELAJAR
  1. Alkitab.
  2. Buku PAK kelas 6, Mitra, Medan, 2006.
  3. Buku PAK kelas 6, BMI, Bandung, 2006.
  4. Buku PAK kelas 6, BPK Gunung Mulia, Jakarta, 2007.

F.      PENILAIAN
  1. Teknik Instrumen: Tes Tertulis.
  2. Bentuk Instrumen: Uraian.
  3. Contoh Instrumen:
a.       Tuliskanlah beberapa tugasmu di rumah!
b.      Tuliskanlah kegiatanmu sehari-hari yang dapat menjadi cara beribadah kepada Allah.




Silahkan Download:
Format Word
Format Pdf